Senin, 14 Maret 2016

Perbaiki Printer Notifikasi "Attention Required" / "No Toner/Ink"

Belakangan ini saya merasa kesal dengan notifikasi printer Deskjet yang menggunakan teknologi WIFI. Kesal karena saya tidak bisa mencetak lewat WIFI jika tinta warna telah habis isinya dan saat saya cabut cartridge tinta warna tersebut sama juga notifikasinya. Tetapi jika memakai kabel sih secara langsung bisa tapi tetap ada notifikasi tinta warna-nya sudah tidak ada.

Sudah saya lakukan berbagai macam dari menghapus driver printer di Device and Printers tapi tetap saja saat instalasi sukses notifikasi tersebut tetap muncul yaitu: "Attention Required". 

Ok, saya tahu anda pasti sedang butuh informasi dengan cepat untuk bisa mencetak dokumen di printer. Inilah cara yang saya lakukan.

1. Buka Device and Printers dan Klik Kanan -> klik lagi "Printer Properties".


Printers Properties
2. Setelah terbuka jendela Printer Properties pilih tab "Ports". Biasanya printer yang bermasalah menggunakan port WSD*. Nah masalahnya ada di port WSD ini ternyata. Untuk itu perlu ditambah port yang baru. 


Ports Printer

3. Klik Add Port... (jika susah mencari port yang sesuai lihat keterangan dibawah**). 


Standard TCP/IP Port

4. Kemudian isi lah port sesuai dengan IP yang pasti seperti keterangan di nomor 3 diatas. Jikalau port tersebut sesuai maka printer tersebut dapat mencetak. Tetapi jika belum sesuai tidak mencetak.

Demikian tutorial singkat ini semoga bermanfaat...


Tambahan..

Untuk menghilangkan notifikasi / tampilan yang mengganggu seperti Deskjet yang saya pakai yang mereknya 2 huruf bisa menonaktifkan dengan mengganti file **StatusBL.dll dan **StatusUI.dll di folder C:\Program Files\**\** Deskjet **** series\Bin 

Saya terapkan seperti itu sampai detik ini tidak ada masalah dalam mencetak...


Keterangan:
*) The WSD Port Monitor is a new printer port monitor in Windows Vista and Windows Server 2008.  This port monitor supports printing to network devices that are designed to include Web Services for Devices (WSD) technology.  Web Services for Devices allows network-connected IP-based devices to advertise their functionality and offer these services to clients by using the Web Services protocol.  WSD-based devices and clients communicate over the network using a series of SOAP (Simple Object Access Protocol) messages over UDP and HTTP(S).  WSD for Devices provides a network plug-and-play experience that is similar to installing a USB device.  Web Services for Devices also defines a security profile that may be extended to provide additional protection and authentication using device-based certificates. 
**) Mencari IP dapat dilakukan dengan 2 cara yaitu melalui aplikasi printer assistant atau dapat melalui dari command prompt dengan mengetikkan "arp -a" sehingga terlihat seluruh IP-nya dan pilih IP yang dinamic.

3 komentar:

  1. sangat bermanfaat, terimakasih :)

    BalasHapus
  2. saya pake cara ini bisa tersolusikan

    https://support.microsoft.com/en-us/help/4027397/windows-fix-printer-problems

    BalasHapus